Manfaat Buah Waluh

Manfaat Buah Waluh ,-Labuh merah atau di kenal dengan nama lain , yaitu waluh memiliki buah daging yang berwarna merah kekuning-kuningan. waluh yang termasuk ke dalam kategori sayuran buah ini bisa bertahan hidup selama musim kemarau. dan ada 2 jenis waluh yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari,diantaranya adalah cucurbuta pepo dan cucurbuta moschata. Waluh ini sering sekali dibuat untuk makanan manis seperti kolak yang dicampur dengan gula merah atau bisa juga dijadikan dodol labu merah.

labuuBiji berwarna putih yang terdapat atau ada di dalam waluh ini bisa kita olah menjadi kwaci .Yang luar biasanya lagi,biji waluh yang berwarna putih dan bisa diolah menjadi kwaci tersebut memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan diantaranya adalah berkhasiat mencegah terjadinya pembesaran kelenjar prostat.bijinya aja udah punya manfaat yang bagus untuk mencegah terjadinya pembesaran kelenjar prostat . bijinya aja udah punya manfaat yang bagus untuk mencegah prostat,apalagi manfaat buah waluh nya .

Manfaat Buah Waluh Bagi Tubuh Manusia
Perlu Anda ketahui bahwa dalam waluh terdapat senyawa yang membuat waluh menjadi berwarna kuning kemerahan, yaitu lutein dan zeaxanthine atau yang lebih dikenal dengan senyawa karotenoid. Kabar baiknya adalah manfaat buah waluh ini dapat menetralkan rikal bebas lho, dimana tubuh Anda akan terlindung dari berbagai penyakit. Hal ini disebabkan oleh senyawa karotenoid barusan.

Manfaat Buah Waluh Untuk Penderita Katarak
Nah bagi Anda yang sudah lanjut atau siapa saja dari Anda yang memiliki keluarga dan memiliki gangguan penglihatan yang diakibatkan oleh salah satu penyakit mata yaitu katarak, anjurkan mereka untuk mengkonsumsi waluh ini secara teratur. Karena menurut penelitian, sebab terjadinya gangguan penglihatan yang disebabkan oleh katarak adalah rendahnya kandungan betakaroten yang berperan sebagai antioksidan dalam darah. Dengan mengkonsumsi waluh secara teratur dapat menurunkan resiko katarak lho, apalagi untuk penderita usia lanjut.

Selain senyawa karotenoid yang sebelumnya saya informasikan diatas, waluh juga mengandung senyawa asam yang disebut phenolic. Phenolic ini berhasiat untuk mencegah penyerapan senyawa karsenogen dengan cara mengikat berbagai macan senyawa karsenogen yang ada. Disamping sebagai fitonutrient, waluh juga memiliki sejumlah serat dan zat besi lho. Kandungan zat besi yang terkandung dalam waluh adalah 1.5 mg per 100 gram buah waluh ini.

Manfaat Buah Waluh Untuk Kesuburan Pria
Nah bagi Anda para pria dewasa yang memiliki tingkat kesuburan rendah, dianjurkan juga untuk mengkonsumsi waluh secara rutin. Karena manfaat buah waluh yang lainnya adalah meningkatkan kesuburan pria. Dalam waluh terdapat senyawa yang disebut lycopen. Selain itu ada juga beberapa mineral lainnya seperti zat besi (fe), selenium (se) dan seng (Zn) yang berkhasiat untuk meningkatkan kesuburan pada laki-laki atau pria dewasa.

Manfaat Buah Waluh Untuk Kesehatan

Manfaat buah waluh untuk mengobati penyakit
Manfaat buah waluh yang pertama adalah dapat mencegah pembesaran prostat. Seperti yang sudah saya tuliskan sebelumnya bahwa biji waluh bisa menghambat pembesaran kelenjar prostat. Dan hal ini sudah dikenal sejak lama. Bahkan penelitian pun sudah dilakukan dan menunjukkan hal positif bagi mereka yang mengkonsumsi biji waluh secara teratur, kelenjar prostat yang dimiliki oleh si penderita tidak membesar. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa asam amino dalam waluh yang mampu mencegah pembesaran prostat. Senyawa asam amino tersebut diantaranya adalah alanin, asam glutamat dan glisin. Selain asam amino, ternyata dalam biji waluh juga terdapat hormon yang memiliki khasiat menghambat kerja enzim 5 alfa reduktase, hormon tersebut disebut beta-sitosterol. Enzim ini memiliki fungsi sebagai pengurang pembentukan hormon dihidrotestosteron dan hormon tertosteron sehingga pembesaran kelenjar prostat dapat dicegah.

Manfaat buah waluh yang kedua adalah dapat mencegah kanker. Hasil pengamatan orang Amerika, Australia dan Perancis, mereka telah melakukan pembelajaran hubungan antara konsumsi waluh dan penyakit kanker. Mereka menemukan bahwa mereka yang rutin mengkonsumsi waluh secara teratur, telah terbebas dari penyakit kanker. Kandungan senyawa karotenoid seperti lutein dan zeaxanthine yang sebelumnya saya sebutkan diatas, ternyata sangat berpotensi melawan radikal bebas dalam tubuh.

Manfaat buah waluh yang terakhir adalah dapat mengendalikan kadar gula dalam darah. Waluh ternyata berperan aktif dalam memelihara fungsi pankreas dalam tubuh, sehingga mampu mengendalikan gula darah. Bagi Anda penderita diabetes melitus, dianjurkan sekali untuk mengkonsumsi waluh secara teratur. InsyaALLAH penyakit diabetes melitus Anda akan sembuh. Bermanfaat sekali bukan toge ini? Apalagi untuk kesehatan kita. Jadi jangan sungkan untuk mengkonsumsi waluh secara teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *